--> Skip to main content
Jejak Unik

follow us

Lukisan Kereta Kencana Karya Abdi Dalem Kraton Yogyakarta Mbah Suhardi

Lukisan Kereta Kencana Karya Abdi Dalem Kraton Yogyakarta Mbah Suhardi - Yogyakarta merupakan salah satu kota destinasi wisata yang sering banget dikunjungi wisatawan baik dalam maupun mancanegara karena keindahannya serta banyaknya tempat-tempat menarik untuk menghabiskan liburan Anda sekeluarga.

Salah satu diantaranya yang sangat terkenal dan cukup ramai pada malam hari yaitu Malioboro karena di sepanjang jalan itu banyak sekali tempat pusat perbelanjaan dan oleh-oleh seperti batik, tas, gantungan kunci kemeja serta kaos-kaos khas Yogyakarta dll.

Diantara sekian banyak toko souvenir ada salah satu oleh-oleh yang cukup menarik perhatian saya yaitu lukisan karya abdi dalem kraton "Lukisan Kereta Kencana" karya Bapak Suhardi. Lukisan tersebut cukup unik dan terbilang langkah karena dibuat langsung oleh abdi dalem kraton.

Cukup banyak sekali orang yang datang untuk membeli salah satu oleh-oleh favorit ini, sebab konon lukisan ini mempunyai makna yang baik bagi pemiliknya sehingga banyak orang tertarik untuk mendapatkan lukisan ini.

Lukisan Kereta Kencana Karya Abdi Dalem Kraton Yogyakarta Mbah Suhardi

Beruntungnya saya saat itu bisa mendapatkan langsung lukisan kereta kencana tersebut, sebab menurut informasi dari abang tukang becak yang mengantarkan saya ke tempat Mbah Suhardi, tidak semua orang berjodoh dan bisa membelinya.

Menurut informasi yang saya dengar untuk membuat lukisan kereta kencana ini sangatlah sulit dan tidaklah mudah. Mbah Suhardi (sang pelukis) harus melalui ritual khusus salah satunya dengan berpuasa selama 40 hari penuh.

Menurut abang tukan becak yang saya tidak tahu namanya , meskipun kita punya uang banyak dan bayar lebi Mbah Suhardi agar mau melukis pesanan kalian sang pelukis belum tentu mau menerimanya. (Menurut cerita abang tukang becak yang menyampaikan ke saya).

Apa saja makna dari lukisan kereta kencana ini, penasaran bukan?, Kita simak penjelasanya dibawah ini:

Lukisan kereta kencana memiliki makna kemakmuran dan kejayaan serta keistimewaan sbb:

1. Lukisan asli dari abdi dalem keraton Yogyakarta yg ditunjuk yaitu mbah H.R. Suhardi.

2. Lukisan ini bisa membawa keberkahan bagi yg memilikinya.

3. Jika ada yg membutuhkan bantuan, pemilik lukisan ini bisa telfon mbah Suhardi utk dibantu kesulitannya sesuai arahan mbah Suhardi.

4. Lukisan handmade asli dari Keraton Yogyakarta

5. Lukisan yang memakai serbuk emas asli

Sungguh uniknya lukisan Kereta Kencana ini bahkan jika kita lihat dan cek di situs jual beli ada yang mematok harga hingga ratusan juta bahkan sampai milyaran untuk sebuah lukisan ini.

Buat teman-teman yang berencana berlibur ke Yogyakarta mungkin bisa langsung membelinya dan semoga berjodoh dengan lukisannya.

Mungkin saya juga akan membelinya lagi jika nanti berkunjung ke Yogyakarta namun dengan model dan ukuran yang berbeda pastinya.

UPDATE 8 AGUSTUS 2021

Lukisan ini akan saya jual ( kondisi bekas) namun masih sangat bagus seperti baru. Dijual seperti gambar di atas sudah ada framenya. Anda pencinta lukisan langkah ini bila tertarik bisa langsung saja hubungi admin

You Might Also Like:

Oldest PostOldest Post
Jika tertarik dengan artikel yang anda baca saat ini, berikan tanggapan melalui kolom komentar di bawah ini. Berkomentarlah yang cerdas, karena pintar saja tidak cukup.
Buka Komentar